Cara Memperbaiki Handycam HDD Format Error

Ditulis oleh: -
Apakah anda mengalami masalah handycam kamu tidak bisa merekam, malah muncul pesan HDD Format Error ? itu mungkin saja disebabkan oleh Hard disk drive sebagai media penyimpan data (video) sudah tidak berfungsi lagi, alias tidak dapat menyimpan file video. Hard disk memang sangat sensitif terhadap guncangan dan benturan sehingga mudah sekali rusak apabila tidak dijaga dengan baik pada saat penggunaannya.

Setelah saya mengalami masalah HDD Format Error tersebut, saya mencari tahu solusi untuk mengatasi HDD format error ini di Google, dan ternyata sudah banyak juga yang mengalami masalah seperti yang saya alami. Berdasarkan saran-saran yang saya baca dari berbagai sumber di internet, sangat disarankan untuk melakukan format ulang terhadap HDD tersebut. Berikut adalah cara formatnya.
  1. Masuk ke Menu
  2. Temukan menu HDD/Memori atau Storage
  3. Pilih Format Media
  4. Tekan Yes (Perhatian! semua data yang ada di dalam hard disk tersebut akan terhapus semua)
Setelah melakukan format HDD error tersebut, apabila berhasil maka Hard disk handycam tersebut sudah dapat digunakan untuk menyimpan video artinya sudah kembali normal. Apabila setelah memformat HDD tersebut namun tidak bisa merecord video juga berarti bahwa secara fisik hard disk handycam tersebut sudah rusak, harus diganti dengan HDD yang baru.

Berdasarkan pengalaman saya waktu itu, setelah saya format HDD tersebut tidak bisa kembali normal dan tetap muncul pesan HDD Format Error, akhirnya saya membawa handycam tersebut ke service center Sony. Setiba di service center Sony, saya disarankan untuk mengganti hard disk handycam tersebut seharga Rp. 1.875.000. Kaget dan sangat kaget karena handycam tersebut saya beli seharga 2 juta lebih, akhirnya saya putuskan untuk tidak mengganti hard disk, melainkan saya membeli memori stick sebagai pengganti media storage (penyimpan data). Sayangnya hard disk handycam tidak dijual bebas seperti halnya hard disk komputer maupun laptop.

12comments:

  1. Emang nya media oenyimoanan bs diubah bro je memory stick??

    ReplyDelete
  2. cara atasi sound moving gimana? fast responn

    ReplyDelete
  3. makasih gan infonya


    Klik sekarang serbabayar.com beli apa aja secara online jadi mudah , tinggal klik tidak ribet langsung sukses.Di Dukung Sistem Pembayaran menggunakan Kartu Kredit dan tentu CS 24 Jam Siap Sedia Membantu. Jangan Ragu Lagi Klik Sekarang serbabayar.com

    ReplyDelete
  4. kasus sy jg spt itu, tp sudah 2 tempat sy datangi untuk mengganti dengan memori, tp tdk terbaca. mohon solusinya gimana cara settimg kalo diganti memori card

    ReplyDelete
  5. mending di LEM BIRU bro...LEMpar BelI BAru...wkwkwkwk

    ReplyDelete
  6. Wah, punya ane gan sony dcr-sr21, awalnya hdd eror, untung itu handycam pake hdd sama kartu memory, jd rusak hdd msih bs pke memory,
    Entah knp muncul ide buat ngereset kembali handycam, selesai d reset, eh...nasib punya nasib malah eror c: 13:02 muncul peringatan suhu terlalu panas matikan dan bawa ketempat yg sejuk, udah dicoba berminggu2 tetap eror sampai skrg, meurut agan apanx yg rusak, kalo ada solusi bagi dong gan, thanks

    ReplyDelete
  7. Gak usah ganti HDD gan, ganti aja seting penyimpanan dari HDD ke Memory card. Caranya : Menu, Show Other, Manage Media, Media seting, media movie,media movie set pilih Memory Card (karena HDD dah error/ rusak), pilih Yes, tunggu tulisan executing berubah jadi completed. pilih OK. Handycam sudah bisa digunakan kembali. Tulisan E:31:00 abaikan saja, karena HDD sudah tidak kita fungsikan lagi, yang penting tulisan STBY warna hijau sudah muncul di display. Kalau memang mau ganti HDD, gak usah beli yang ori Sony, Pakai HDD Toshiba aja, harga kisaran 750rb.cara gantinya googling aja. Semoga membantu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beli memory cardnya dmn ya? Dan harganya brp?

      Delete
  8. Permisi agan2,handhycam Sony saya kok gak berfungsi layar sentuhnya,mohon solusinya gan...
    Thanks.

    ReplyDelete
  9. Permisi pak/mas..hdcam Sony saya kemaren jg muncul gitu.. trus ad muncul tulisan perbaiki file db.. yg sy bingung data video di hdcam ada dan bisa di puter..tapi pas di colok ke laptop gak kebaca.. di memori jg gak ada.. izin infonya..terimakasih

    ReplyDelete
  10. Permisi,handycam sony saya tipe DCR-SX65E tiba tiba mendadak camera tidak bisa merekam seperti tv yang tidak pakai antena,dalam keadaan handycam memori sudah penuh,mohon bantuannya ganπŸ™πŸ™

    ReplyDelete
  11. Kalo saya tombol shuter untuk foto gak bisa, tapi pas untuk video bisa,.itu kira2 apa ya ka?

    ReplyDelete