Tips dan Cara Aman Buat Anda yang Suka Berbagi Foto di Internet

Ditulis oleh: -

Tips dan Cara Aman Buat Anda yang Suka Berbagi Foto di Internet - Pada hari , Selasa, 5 Februari 2013, Yahoo! mengumumkan sebagai Hari Aman Berinternet ke-10. Peringatan yang didukung oleh Insafe ini, turut juga dibangun oleh Uni Eropa. Hari Aman Berinternet ini berfokus kepada hak dan tanggungjawab pengguna internet, dengan slogan “Connect with respect”.



Melalui informasi media yang diterima Okezone, Selasa (5/2/2013), Yahoo! mencoba menyadarkan pengguna internet akan pentingnya keamanan berinternet. Pihaknya ingin agar kalangan netters berpikir terlebih dahulu sebelum mereka mengunggah sesuatu ke dunia maya.

Salah satu yang diungkap Yahoo! ialah tips aman dalam berbagi foto di jagat maya. Sebelum Anda memutuskan mengunggah foto ke internet, misalnya di situs jejaring sosial, maka ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

1. Siapa saja yang dapat melihat foto saya?
Ganti pengaturan privasi foto Anda untuk mengontrol siapa saja yang dapat melihat foto-foto Anda.

2. Apakah foto saya memiliki informasi personal saya?
Anda pasti tidak ingin informasi pribadi seperti alamat rumah atau bangunan-bangunan yang mudah diidentifikasi sebagai informasi pribadi Anda berada pada foto yang dapat dilihat oleh publik.

3. Apakah lokasi dimana saya berada dapat terlihat pada foto ini?
Beberapa foto menyimpan data yang dapat menunjukkan lokasi tempat pengunggahan foto. Kontrol siapa yang dapat melihat foto dengan pengaturan tersebut atau nonaktifkan pengaturan tersebut pada telepon seluler Anda. Cara ini membuat orang lain tidak dapat melihat lokasi di mana Anda berada.

4. Apakah pengguna lain membuat saya tidak nyaman?
Anda dapat melaporkan kepada pihak penyedia layanan media sosial jika ada pengguna lain berbuat sesuatu yang membuat Anda merasa tidak nyaman, seperti membuat komentar yang mengancam Anda dan lainnya, sehingga mereka dapat bertindak terhadap hal tersebut.

5. Apa yang pengguna lain unggah?
Jika Anda melihat sebuah foto yang tidak pada tempatnya, segera laporkan. Penyedia layanan media sosial dapat melihat kembali foto tersebut dan menghapusnya bila perlu.

Anda juga dapat mencari tahu lebih lanjut mengenai Insafe dan Hari Aman Berinternet di SaferInternet.or.link atau mengakses ke www.saferinternetday.org/web/guest/sid-2013.

Terimakasih telah membaca artikel Tips dan Cara Aman Buat Anda yang Suka Berbagi Foto di Internet anda bisa membaca artikel yang berkaitan dengan Tips dan Cara Aman Buat Anda yang Suka Berbagi Foto di Internet dibawah ini. semoga bermanfaat

0 comments "Tips dan Cara Aman Buat Anda yang Suka Berbagi Foto di Internet ", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment